Berbagi Pengalaman

“Sudah lelah dan jenuh saya mengalami sakit kepala ini, bertahun-tahun sakit dikepala tiada kunjung reda, bahkan saya merasakan semakin parah, tiada hari dan jam tanpa sakit kepala” tutur Dina, ibu beranak empat ini. “Berobat kedokter sudah tidak terhitung berapakali, dokter mengatakan saya menderita migrain, obat-obatan yang diminumpun sudah banyak dan bermacam-macam, atas anjuran dokter, CT Scan sudah saya lakukan karena dokter kuatir bila di kepala /otak saya terdapat jaringan lain atau tumor.

“Awal timbulnya rasa sakit di pinggang ini sih hanya hal yang sepele saja,” tutur Bapak Steve seorang pengusaha muda ketika menceritakan sebab sakit di pinggangnya. “Ketika itu saya sedang di bandara ingin pergi ke luar kota dengan pesawat udara, sambil berdiri menunggu pesawat saya menelpon seseorang, tas saya taruh di samping kaki kiri saya, ketika asik bertelpon, saya mendengar bahwa pesawat yang saya tumpangi telah siap dan penumpang diminta bersiap2 naik pesawat. Dengan cepat saya membungkuk ingin mengambil tas dengan tangan kanan saya.

“Dua tahun sudah saya mengalami gangguan lambung,” ujar Ibu Mona (nama samaran), usia 40 tahun. “Setiap bulan saya harus dirawat sampai 3 kali di rumah sakit. Ketika dirawat, lambung saya terasa membaik, lebih nyaman dan saya mulai dapat makan dengan tenang, tetapi setelah sampai dirumah, lambung saya mulai terasa mual-mual lagi. Apalagi setelah obat yang diberikan dari rumah sakit telah habis, apapun yang masuk ke dalam lambung saya baik makanan maupun minuman, semuanya terasa seakan ingin ditumpahkan kembali, tidak bertahan lama, kemudian tumpah keluar.